Alasan Menggunakan Aplikasi Manajemen Asset
25/09/2019 Perjalanan Aptikma

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu aplikasi manajemen asset, pengertian management asset hingga modul yang ada pada aplikasi management asset telah dibahas disana. Yang belum baca bisa baca disini.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, mengapa harus menggunakan Aplikasi Manajemen Asset? Aset-aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau instansi tentunya tidak sedikit. Lalu bagaimana mengelola asset-aset tersebut? Menggunakan system manual dengan menggunakan excel? Apakah itu efektif? Pasti tidak. Jika mengelola aset menggunakan excel banyak kekurangannya.  Sistem manual ini tentu memakan banyak waktu, memakan banyak ruang penyimpanan pada computer, dan tentunya rawan pada kesalahan.

Sekarang saatnya untuk beralih dari sistem manual ke sistem otomatisasi yaitu dengan menggunakan aplikasi manajemen asset. Mengapa harus menggunakan Aplikasi Manajemen Aset? Aplikasi manajemen asset memiliki banyak manfaat untuk perusahaan yang menggunakannya. Apa sih manfaatnya? Berikut manfaat Aplikasi Manajemen Aset :

  1. Meningkatkan Keamanan

    Jika menggunakan system manual, maka kita harus mengecek satu persatu Aset yang dimiliki untuk menjaga keamanannya. Metode itu tentu masih belum aman, apalagi untuk asset dengan jumlah yang banyak. Dengan menggunakan Aplikasi Manajemen Aset akan meminimalisir resiko hilangnya asset atau kerusakan asset. Karena semua data tentang asset, kondisi serta lokasi Aset dapat dipantau dengan Aplikasi Manajemen Aset.

  2. Memantau Penyusutan Aset

    Nilai dari suatu Aset pasti akan mengalami penyusutan. Tentu akan sulit untuk memantau nilai penyusutan asset jika menggunakan metode manual. Dengan Aplikasi Manajemen Aset, nilai penyusutan asset direkam dan dilaporkan secara akurat.

  3. Menghindari pengadaan Aset yang tidak diperlukan

    Dengan adanya fitur Purchase Order, dan dengan memantau laporan-laporan tentang Aset maka pembelian Aset dapat lebih terkontrol. Dengan begitu akan meminimalisir terjadinya pembelian Aset yang tidak diperlukan.

  4. Mudah Mengetahui Biaya Servis Aset yang digunakan

    Setiap Aset pasti memerlukan pemeliharaan dan servis. Jika menggunakan jasa servis maka aka nada biaya yang dikeluarkan. Pada aplikasi manajemen asset biaya servis dicatat dan dilaporkan dengan jelas. Sehingga kita mudah mengetahui berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk servis suatu asset.

  5. Mudah Mengetahui Banyaknya Spare part yang digunakan

    Jika servis dilakukan sendiri oleh perusahaan, tanpa menggunakan jasa servis, memang tidak perlu mengeluarkan biaya servis. Namun akan ada sparepart yang digunakan pada saat servis. Nah penggunaan sparepart disetiap servis akan tercatat rinci pada aplikasi manajemen asset.

  6. Memantau Kondisi Aset

    Dengan menggunakan Aplikasi Manajemen Aset, untuk memantau Aset tidak perlu lagi memeriksa satu persatu. Karena semua data tentang asset dan kondisi asset sudah tercatat oleh aplikasi.

  7. Mudah mengelola Aset yang telah dipesan(reservasi)

    Jika menggunakan metode manual, saat ada yang memesan untuk menggunakan asset pada waktu depan, pasti kita harus menyisihkan dulu. Kalua asetnya ada banyak tentu akan sangat repot. Jika menggunakan Aplikasi Manajemen Aset, semua sudah diotomatisasi, pemesanan melalui aplikasi dan aplikasi yang akan menyisihkan asset tersebut agar tidak digunakan orang lain pada tanggal yang telah dipesan.

  8. Audit menjadi lebih mudah

    Audit merupakan hal terpenting dalam mengelola Aset. Jika menggunakan metode manual, proses audit akan sangat melelahkan. Karena harus cek satu persatu asset.Dengan Aplikasi Manajemen Aset, audit menjadi lebih mudah cukup dengan menjalankan fitur Audit pada aplikasi tersebut.

Jadi bagaimana? Apakah masih ragu untuk menggunakan Aplikasi Manajemen Aset untuk mengelola Aset-Aset Anda? Jika ingin bertanya tentang Aplikasi manajemen asset, silahkan menghubungi Tim Aptikma melalui form Hubungi Kami atau bisa juga menghubungi Tim Aptikma melalui telepon atau whatsapp ke nomor yang tercantum pada informasi kontak.

Tags
About the author
Photo Profile
Aptikma Administrator web resmi Aptikma indonesia.
Top